Jumat, 12 Januari 2018

Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Sobat Gus Dur yang di rahmati Allah, Gus Dur memang sudar pulang kerahmat Allah namun perjuangan dan idiologi beliau selalu hidup dengan ajaran-ajarannya yang selalu kita ikuti bersama. Kehumanisan dan kegigihan beliau dalam menjaga NKRI yang begitu iklas serta tidak pernah goyah akan kedudukan dan kekuasaan dapat tercermin dalam keadaan beliau yang rela melepaskan jabatan kePresidenan pada waktu itu.Tidak akan pernah habis jika kita membicarakan tingkah pola Gus Dur dari yang nyeleh dan aneh sampai dengan yang logis dan ilmiah.Kecerdasan dan ketajaman pikirnya tidak semua orang bisa menandinginya.Hafalan yang begitu kuat dan ilmu yang begitu luas seakan selalu menyemat dalam dirinya.

Gus Dur memang tokoh dan guru bangsa yang patutu untuk kita kenang dan hormati, perjalanan beliau selalu membawa kesan tersendiri. Lihat saja Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya ini yang begitu mengesnakan, peristiwa yang patut untuk kita kenang dan tidak kita lupakan begitu saja. Dalam dakwah dan perjalanannya sering kali orang kurang melihat Gus Dur dari sisi ulama salaf yang mempuni, beliau lebih dilihat dari tokoh pluralisme yang menjunjung tinggi ke beragaman sesuai dengan Kebinikaan kita sebagai negara Pancasila. Saat anda melihat Gus Dur dari dunia pesantren maka anda akan tahu bahwa Gus Dur merupakan tokkoh yang mempuni dibidang keagamaan berbagai kitab mampu beliau hafal beserta sanand lengkapnya.Serta ke zuhudan yang melekat dalam dirinya pun dapat kita temukan dalam kehidupan kesehariannya.

Sehingga tidak heran jika Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya tidka pernah dilupakan oleh generasi berikutnya. Namun sayang bagi kelompok yang kurnag menyukai Gus Dur beliau cuma dipandang sebelah maka sebagai orang yang penuh kekurangan fisik saja. Namun jika orangitu mau membuka dengan pikiran jernihnya maka kelebihan dan ke pandian beliau belum tentu bisa ia tandingi. Dan jika kurnag percaya atau kurang mengenal akan Gus Dur silahkan untuk baca profil perjalanan beliau ini melalui Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya semoga anda mendapat jawaban dari ketidak sukaan anda. Selamat membaca:


Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya
Add captionProfil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya 


Benangmerahdasi -Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam  (API) Magelang

A. PROFIL PESANTREN

1. Nama : Asrama Perguruan Islam (API)
2. Alamat : Desa Krajan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
3. Telp : (0293)3149003
4. Pendiri : KH. Chudlori bin Ichsan
5. Tahun Berdiri : 1944
6. Pengasuh : KH. Abdurrahman , H. Ahmad Muhammad
7. Ciri Khas : Fiqih dan ilmu alat

Pondok pesantren salaf dengan nama Asrama Pendidikan Islam (API) didirikan oleh KH. Chudlori bin H. Ichsan di Desa Krajan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang pada 1 Oktober 1944. Bagi masyarakat, nama Desa Tegalrejo lebih populer disebut sebagai nama PP tersebut daripada nama resminya : Asrama Pendidikan Islam.

Kekejaman Belanda semasa perang kemerdekaan II tahun 1948-1949 sangat dirasakan oleh segenap santri dan pengasuh Ponpes ini. Bangunan-bangunan pesantren yang ada beserta kitab-kitab milik para pengasuh pada 1948 dirusak dan dibakar oleh Belanda. Akibatnya, selama satu tahun penuh setelah peristiwa itu, kegiatan PP Tegalrejo mengalami fathrah (vakum), tanpa kegiatan.

Baru pada 1950, oleh KH Chudlori menantu KH Dalhar (pengasuh PP Watucongol), PP Tegalrejo dibangun lagi. PP ini telah banyak melahirkan alumni yang menjadi tokoh masyarakat. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mantan ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama sekaligus mantan Presiden RI tercatat sebagai salah seorang alumni pesantren ini.

Di lingkungan Pesantren Tegalrejo terdapat beberapa buah Ponpes. Diantaranya Ponpes Muttalibin (Pengasuh : Kyai Muthalib, saudara KH. Abdurrahman), Ponpes Tarbiyatun Nisa’ (Pengasuh : KH. Mudrik Chudlori), Ponpes API Putri (Pengasuh : Kyai Damanhuri, menantu Kyai Chudlori Ihsan).

Baca Juga:


B. KEGIATAN PENDIDIKAN

1. Pendidikan sekolah
Program pendidikan yang diselenggarakan sejak dahulu menggunakan sistem klasikal. Bentuk pendidikan yang ada berupa madrasah yang terdiri dari 7 kelas. Kurikulum yang dipakai dari kelas 1 sampai kelas terakhir secara berjenjang mempelajari khusus ilmu agama, baik itu fiqih, aqidah, akhlak, tasawuf dan ilmu alat yang semuanya dengan kitab berbahasa Arab.

Kelas satu sampai dengan terakhir di PP Tegalrejo oleh masyarakat lebih dikenal dengan nama kitab yang dipelajari. Tingkat I dikenal dengan Jurumiyah Jawan, tingkat II dikenal dengan Jurumiyah, tingkat III dikenal dengan Fathul Qorib, tingkat IV dikenal dengan Alfiyah, tingkat V dikenal dengan Fathul Wahhab, tingkat VI dikenal dengan al Mahalli, tingkat VII dikenal dengan Fathul Mu’in dan tingkat VIII dikenal dengan Ihya’ Ulumiddin.

2. Kegiatan Ekstrakurikuler
Sejak tahun 1993, Ponpes Tegalrejo setiap bulan Ramadhan mengirimkan santri seniornya ke daerah yang membutuhkan mubaligh. Daerah yang sering mengajukan permintaan antara lain daerah Gunung Kidul, Bojonegoro, Sragen dan Banyumas. Selain itu juga terdapat kegiatan bahtsul masail, jam’iyatul quro, dan khotbah komplek.

Kemudian terdapat pertemuan setiap hari senin yang dihadiri oleh alumni. Pertemuan ini dikenal sebagai acara Seninan. Pertemuan mutakhorijin (alumni) diselenggarakan setiap 35 hari sekali yaitu pada hari ahad kliwon. Acara ini lebih dikenal sebagai acara Selapanan.

3. Ciri khas : Ponpes Tegalrejo dikenal dengan sistem salafnya yang mempelajari ilmu fiqih beserta ilmu-ilmu alatnya.

C. PENGADAAN MAKAN SANTRI

Untuk pengadaan makan sehari-hari, para santri secara jam’iyyah membayar iuran perbulan sebesar harga beras/jagung ± 10 kg atau kesepakatan pengurus kamar. Pembayaran syahriyyah ini diberikan kepada seksi jam’iyyah kamar, selanjutnya seksi jam’iyyah membelanjakan serta memasak nasi (atau orang yang ditunjuk).

Adapun untuk sayur dan lauknya, para santri membeli sendiri di kantin-kantin yang tersedia di dalam Pondok. Sedang untuk makan para ustadz dan pegawai, disediakan kantin oleh PP dengan cara membelinya.

Source :
direktori pesantren
kementerian agama RI

Masjid Fajar Falah Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo

 Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Santri Putri

Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Santri Putra
Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya


DASI Dagelan Santri Indonesia

Judul Artikel lain:


Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

Judul artikel terkait :Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya
Alamat link terkait :Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Profil Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang dan Sejarahnya

0 komentar:

Posting Komentar